Ucap Janji dan Kuliah Umum

Salah satu ciri pendidikan vokasi adalah diimplmentasikannya proses pembelajaran praktek sebagai strategi untuk mecapai tujuan pendidikan. Program pendidikan diploma III keperawatan sebagai salah satu pendidikam vokasi memiliki amanat agar peserta didik dapat memiliki kemampuan knowledge (Pengetahuan), skills (Ketrampilan) dan afektif (sikap) yang memadai dan handal agar siap didayagunakan sebagai tenaga kesehatan setelah menyelesaikan pendidikan. Dalam membekali peserta didik untuk memiliki kemapuan sklls yang memadai dicapai dalam bentuk pembelajaran praktek laboratorium dan praktek klinik keperawatan. Sesuai dengan amanat kurikulum pendidikan Diploma III dan Diploma IV, maka pada semeter III mahasiswa harus mengintegrasikan proses pembelajaran teori dan praktek di Rumah Sakit untuk memberikan asuhan keperawatan langsung kepada pasien.

IMG_1116

   IMG_1067

Mengawali orientasi mahasiswa terhadap tugas dan tanggung jawab yang akan dilakukan oleh mahasiswa selama melaksanakan praktek klinik, pada tanggal 3 Agustus 2016  Prodi Diploma III dan Keperawatan IV Jurusan Keperawatan Semarang melakukan Ucap Janji dan Kuliah Umum dengan tema “Moral sebagai modal dasar perawat di masa datang”. Tema tentang moral perawat menjadi trend central saat ini dikarenakan perawat semakin dituntut memiliki moralitas yang baik agar dapat memberikan asuhan keperawatan yang professional. Perawat tidak hanya dituntut memiliki knowledge dan skills yang memadai saja, akan tetapi moralitas perawat yang berdedikasi adalah kunci utama agar dapat memberikan pelayanan yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan (pasien).

IMG_1234

Nara sumber dalam acara kuliah umum adalah Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Tengah (Edy Wuryanto, SKp, MKep) dan Kepala Bidang Keperawatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Kariadi Semarang (Sri Harmini Sundarwati, SKp, Mkes). Ketua PPNI Provinsi Jawa Tengah membekali mahasiswa agar selalu berpikir positif dalam menghadapai pengalaman klinik dengan selalu mengutamakan pelayanan kepada pasien dan mengedepankan patient dignity. Kepada orang tua, nara sumber juga mengingatkan agar dapat memotivasi anak-anak nya agar bisa dan mau bekerja di mana pun terlebih lagi untuk bekaerja di luar negri, menginhat kebutuhan perawat Indonesia dari luar negri masih sangat terbuka luas. Sedangkan pembicara kedua menyampaikan materi internalisasi nilai-nilai profesional perawat. Di sela-sela acara juga diserahkan buku hasil karya dosen jurusan Keperawatan yang diterbitkan oleh Penerbit Andi offset.

IMG_1088

Mungkin Anda juga menyukai