Sarasehan Mahasiswa Jurusan Keperawatan

Jumat (2/12) Dewan  Mahasiswa jurusan keperawatan program studi D III dan D IV keperawatan Semarang Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang mengadakan SARASEHAN yang bertempat  di ruang Audio Visual Keperawatan Semarang. Sarasehan merupakan salah satu program kerja dari dewan mahasiswa yaitu komisi C  yang  bertujuan untuk menampung aspirasi mahasiswa  berupa saran, kritikan dan pertanyaan terhadap pihak pengelola jurusan  yang dijawab langsung oleh pengelola jurusan,  ketua jurusan, bagian Non Akademik, dan Bagian Akademik.

?

 

Jurusan memerlukan kritik yang membangun dari pikiran-pikiran kritis mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa, maka dari itu, acara Sarasehan jurusan keperawatan semarang yang diselenggarakan oleh Dewan Mahasiswa keperawatan semarang ini sangat penting, di mana mahasiswa dapat secara langsung menyampaikan kritik, saran, maupun keluhan secara langsung kepada pengelola jurusan keperawatan semarang. Dengan mengusung tema “Membangun Sinergitas Antara Mahasiswa dan Pengelola Jurusan”  diharapkan agar mahasiswa mampu menyalurkan aspirasinya, pengaduannya,  keluh kesahnya secara langsung kepada pengelola jurusan, melatih mahasiswa untuk menjadi orang yang kritis dan berani menyampaikan pendapat.  Saran dan kritikan mahasiswa akan ditampung dan direalisasikan oleh  pihak jurusan sehingga jurusan keperawatan semarang  menjadi lebih nyaman dan kondusif baik dari infrastruktur maupun lingkungan.

?

Sarasehan ini dihadiri langsung oleh ketua jurusan keperawatan, para pengelola jurusan, para dosen dan staff karyawan serta seluruh mahasiswa keperawatan semarang. Acara dimulai dari pembukaan kemudian laporan ketua panitia serta sambutan dari ketua jurusan, dilanjut dengan penyampaian aspirasi mahasiswa dari tiap tiap kelas kemudian langsung ditanggapi oleh pengelola jurusan dan yang terakhir ditutup dengan doa.

Terdapat empat sesi dalam acara tersebut. Sesi pertama merupakan pemaparan hasil rekapan kuesioner dari kuesioner yang dibagikan oleh dewan mahasiswa sebelumnya dan pemaparan hasil sarasehan sebelumnya yang belum terealisasi. Sesi kedua merupakan pembahasan mengenai sarana prasarana. Salah satu permasalahan yang dibahas dalam sesi ini adalah mengenai wifi kampus yang kadang mati. Bapak Putrono selaku ketua jurusan keperawatan langsung menanggapi mengenai hal tersebut bahwa kecepatan wifi sudah sangat baik, mengingat banyaknya pengguna wifi dikampus jadi wajar kalau kadang kadang loading lama, namun pihak jurusan akan mengusahakan supaya wifi bisa digunakan oleh mahasiswa setiap saat. Diskusi terbuka seperti ini membuat setiap pihak mampu menganalisa masalah yang sebenarnya terjadi, sehingga dapat dihadirkan suasana yang baik untuk saling membangun dan menyelesaikan masalah. Pada sesi ketiga, dibahas mengenai kegiatan belajar mengajar yang ada di jurusan keperawatan, serta pada sesi keempat dibahas mengenai organisasi. Sarasehan kali ini berjalan dengan suasana yang sangat kondusif. Semua pihak mampu menyampaikan aspirasi dengan tegas namun sopan, sedangkan pihak yang menerima saran melakukannya dengan sangat terbuka dan berorientasi pada penyelesaian masalah.

Sarasehan dapat di jadikan wadah untuk mahasiswa dan kampus menjadi lebih maju dalam mewujudkan cita-cita bersama. Sarasehan dapat di jadikan jembatan mahasiswa dan pimpinan kampus dalam memecahkan setiap permasalahan yang ada. Semoga di masa depan acara ini dapat menjadikan jurusan keperawatan  semarang kita tercinta menjadi lebih baik! Suarakan Suaramu

Mungkin Anda juga menyukai