Seminar Nasional Keperawatan

Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) Prodi Keperawatan Semarang pada tanggal 17 Desember 2016, melaksanakan program kerja divisi penelitian dan pengembangan yaitu kegiatan seminar keperawatan denga tema “ Managemen Keperawatan  Cangkok Sumsum Tulang”. Kegiatan seminar dilaksanakan di gedung LPPU Universitas Diponegoro.

Semnas 04Semnas 02Tema ini diangkat dari banyaknya trend/ isu mengenai penangan keperawatan pada kanker tulang. Salah satu teknik penanganan yang dapat dilakukan yaitu dengan operasi cangkok tulang atau penggantian tulang yang terdapat jaringan kanker dengan tulang lain. Sehingga kondisi rangka tubuh penderita akan tetap normal. Berhubungan dengan hal tersebut maka HIMA/DEMA Prodi D III dan D IV Keperawatan Semarang menyelenggarakan seminar nasional dengan tema MANAGEMEN KEPERAWATAN CANGKOK SUMSUM TULANG. Seminar ini  bertujuan untuk memperluas pemahaman perawat mengenai operasi cangkok tulang, sehingga perawat dapat memberikan pelayanan yang tepat bagi penderita kanker tulang. Lebih jauh lagi, dengan diadakannya seminar ini diharapkan dapat menekan peningkatan jumlah penderita kanker tulang di masa mendatang.

Semnas 05Semnas 03

 

 

 

 

 

 

 

 

Ketua panita penyelenggara, Bunga Arum, mahasiswi Prodi D III Keperawatan Semarang menyampaikan bahwa seminar nasioal ini dihadiri 350 peserta, baik mahasiswa Jurusan Keperawatan Semarang ataupun mahasiswa luar dan perawat rumah sakit. Bunga juga mengucapkan trimakasih atas kerja sama seluruh pihak yang telah membantu terselenggranya acara seminar nasional ini.

Sambutan selamat datang di sampaikan oleh Bapak Warijan, S.Pd, MKes selaku Pembantu Direktur II. Dalam smbutannya beliau mengapresiasi atas terselenggranya kegiatan seminar nasional keperawatan. Dan diharapkan kedepannya banyak lagi kegiatan yang dapat meningkatkan produktifitas mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang.

Narasumber yang dihadir kan dalam acara seminar kali ini adalah dr.Santoso, SpPD Onk. Medik (Dokter Onkologi Rumah Sakit Dr. Karyadi Semarang) sebagai pembicara 1 yang menyampaian materi tentang tindakan medis penanganan cangkok sumsum tulang. Kemudian pembicara 2 Dr. Titi Sulastri, SKp MKes (Dosen Poltekkes Kemenkes Jakarta III) yang menympaian materi aspek etik dan legal dalam praktik keperawatan. Dan pembiara ke 3 Trisnowati Uji, AMK (Perawat Rumah Sakit Dr. Karyadi Semarang) yang memerikan meteri tentang asuhan keperawatan pada cangkok sumsum tulang.

Mungkin Anda juga menyukai