Seminar Internasional dan Proceeding

Pada 11 Agutus 2016, Jurusan Keperawatan mengadakan Seminar Internasional dengan tema : “Current Issues and Quality Nursing Services in Clinical Practice, Education, And Reseach” bertempat di Hotel Gracia Semarang. Pembicara dalam Seminar internasional ini adalah para pakar di bidang keperawatan / kesehatan baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, yaitu: Diana Escandor Mahinay, RN MAN (Our Lady of Fatima University, Manila), Madiha Mukhtar RN, RM, BScN, MScN (Pakistan), Dr. Yektiningtyastuti, SKp, M.Kep, Sp.Mat. dan Lucia Endang Hartati, S.Kp., MN (Semarang Health Polytechnic Health Ministry of Indonesia).

Keperawatan

Ketua Panitia (Arwani, SKM, MN) dalam laporannya menyampikan bahwa seminar Internasional yang dilaksanakan oleh Jurusan Keperawatan Poltekkes Semarang didasari oleh banyaknya tantangan yang dihadapi Profesi keperawatan. Tantangan ini tidak hanya dari eksternal tapi juga dari internal profesi ini sendiri. Pembenahan internal yang meliputi empat dimensi dominan yaitu; keperawatan, pelayanan keperawatan, asuhan keperawatan dan praktik keperawatan. Belum lagi tantangan eksternal berupa tuntutan akan adanya registrasi, lisensi, sertifikasi, kompetensi dan perubahan pola penyakit, peningkatan kesadaran masyarakat akan hak dan kewajiban, perubahan system pendidikan nasional, serta perubahan-perubahan pada supra system dan pranata lain yang terkait.

Peserta sebanyak 160 mahasiswa, berasal dari Timor Leste (yang sedang kuliah di Stikes Ngudi Waluyo Semarang), Prince Songkhla University dan dari mahasiswa Keperawatan di Semarang. Adapun jumlah peserta yang terdftar sebagai kontributor dalam proceeding sebanyak 74 kontributor yang diberikan waktu untuk melaksanakan oral presentation.

Mungkin Anda juga menyukai