MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN MAGELANG TERLIBAT KEGIATAN RAIMUNA NASIONAL XI/2017 DI CIBUBUR

Gerakan Pramuka adalah Gerakan pendidikan yang bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai leluhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, Mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

Gerakan Pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak. Sesuai dengan tujuan akhir tersebut, maka salah satu kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega adalah Raimuna.

Raimuna memiliki arti sekelompok orang yang hidup dalam suatu kekuatan dengan dijiwai oleh sesuatu daya kekuatan yang selalu memberi semangat  tinggi dalam mencapai tujuan. oleh karena itu, untuk Membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan dikalangan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, perlu dilaksanakan Raimuna Nasional karena Raimuna Nasional merupakan wadah pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega seluruh Indonesia untuk mempererat tali persaudaraan sesama Anggota Pramuka dalam berbagai aktivitas yang inovatif, kreatif, edukatif, rekreatif dan produktif dalam bentuk perkemahan.

Raimuna Nasional 2017 telah dilaksanakan di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, DKI Jakarta pada tanggal 13 s.d 21 Agustus 2017. Pada kegiatan Raimuna Nasional Tahun ini, Pelaksana Kegiatan mengangkat tema yaitu “Pramuka Untuk Masa Depan Indonesia”

Dalam kegiatan tersebut mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi S1 terapan Keperawatan  Magelang ikut berpartisipasi sebagai peserta . Proses seleksi peserta dimulai dari bulan Mei-juli 2017 yang mewajibkan tiap peserta harus bisa menyelesaikan minimal SKU laksana, menyelesaikan regestrasi, lari dan fisik serta kerjasama tim.

Setelah dinyatakan lolos seleksi mulai dari pernyataan tersebut di umumkan hingga H-7 peserta di wajibkan mengikuti latihan rutin yang bertujuan untuk meningkatkan stamina dan kekompakan tim yang akan di bentuk pembimbing.

Tanggal 11 Agustus 2017 pukul 13.30 seluruh kontingen dari kota Magelang untuk melakukan persiapan pemberangkatan menuju Cibubur. Dan di lepas serta pemberian tugas secara resmi oleh dinas terkait.

Hari pertama dan kedua biasa di gunakan peserta untuk membangun gapura dan mendirikan tenda. Tanggal 14 agustus 2017 raimuna nasional secara resmi di buka beserta dengan peringatan hari pramuka ke-56 yang di pimpim bapak presiden RI ( Joko Widodo) dan di ikuti 15000 peserta dari seluruh Indonesia.

Banyak kegiatan yang peserta jalani dalam acara tersebut antara lain  Kegiatan Umum & Persaudaraan (Ibadah Keagamaan , Upacara Adat Bhinneka Tunggal Ika, Upacara Pembukaan, Upacara Hari Pramuka Ke 56 , Upacara Hari Kemerdekaan RI Ke  72, Upacara Bendera, Olahraga, Korve Tenda, Malam Bhinneka Tunggal Ika, Upacara Penutupan) ,  Kegiatan Khusus (Mural Painting and Baliho, Malam Selamat Datang, Gapura Nusantara, Jumpa Tokoh Inspiratif, Hari Kemerdekaan RI ke-72, Malam Refleksi Kebangsaan, Kegiatan Pimpinan Kontingen Daerah dan Bindamping),  Global Development Village & Science,  Tur Edukasi, Rover Challenge, Seni dan Budaya,  Festival Raimuna Nasional 2017.

Banyak pengalaman yang diperoleh dari Raimuna. Pesrta  dapat saling belajar bahasa di masing-masing suku di Indonesia serta lebih megetahui seluk-beluk Indonesia. Kegiatan Raimuna menyadarkan bahwa Indonesi merupaka negara yang kaya akan sumberdaya alam serta budaya.

Raimuna hanyalah salah satu dari banyak kegiatan pramuka di Indonesia yang banyak memberikan pengalaman kepada kita. Pramuka juga banyak berpengaruh dalam pembentukan karakter. Mari kita bersama lebih megenali negara Indonesi dengan Pramuka,

Salam Pramuka.

Mungkin Anda juga menyukai