SEMINAR PALLIATIVE CARE THROUGH THE LIFE SPAN

Sabtu, 9 Desember 2017 Divisi Penelitian dan Pengembangan oleh Himpunan Mahasiswa Program Study DIII dan S1 Terapan Keperawatan Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang telah berhasil melaksanakan Seminar Nasional Keperawatan yang bertempat di Gedung Wanita Jalan Sriwijaya No. 29, Tegalsari, Candisari, Kota Semarang, Jawa Tengah, 50614. Acara yang dihadiri oleh 576 orang peserta terdiri dari beberapa tamu undangan,mahasiswa Poltekkes, mahasiswa luar Poltekkes, dan perawat. Seminar Nasional Keperawatan tahun ini mengangkat tema tentang “Palliative Care Through The Life Span”. Acara dimulai pukul 07.00 WIB dengan murotal Al-Qur’an oleh Rio, Imam dan dilanjutkan dengan penampilan tarian Semarang Hebat kemudian dilanjutkan dengan laporan kegiatan dari Gyshela Anggita Citra Devi selaku ketua pelaksana dan sambutan dari Bapak Warijan, S.Pd., A.Kep., M.Kes selaku Direktur Poltekkes Semarang serta sambutan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah yang diwakilkan oleh dr. Tatik Nurhayati, M.Kes.

Seminar 3Seminar 1

Acara Seminar Nasional di pandu oleh Ketua Program Studi D3 Keperawatan Bapak Supriyadi, MN selaku moderator. Sesi talkshow pada acara ini diisi oleh Ibu Tri Lestari, S.Kep. Ns d ari Perawat RSUP Dr. Kariadi Semarang yang memaparkan topik materi tentang peran perawat case manager dalam kasus perawatan palliative. Pembicara kedua, Ns. Ame S.Kep., Sp. Onk dari Rumah Sakit Darmais yang menjelaskan topik materi tentang peran perawat palliatif di komunitas. Pembicara ketiga oleh Ketua DPW PPNI Jawa Tengah Dr. Edy Wuryanto S.Kp.M.Kep yang memaparkan topik materi tentang peran organisasi profesi dalam perawatan palliatif.

Seminar 4Seminar 5

 

 

 

 

 

 

 

 

Penyakit yang tertinggi pada saat ini adalah penyakit yang tidak menular seperti stroke, hipertensi, kanker, dan lain sebagainya. Sebagian pasien yang mengidap penyakit terminal hampir putus asa karena banyak faktor yang mempengaruhinya dari rendahnya pengetahuan tentang penyakit yang dialaminya, keluarga yang kurang peduli, kurangnya pengetahuan atau keterampilan perawat dalam menanganinya. Oleh karena itu, saat ini sedang dikembangkan adanya perawatan palliatif yang sangat diperlukan bagi pengetahuan maupun keterampilan seorang perawat tentang perawatan palliatif. Berdasarkan yang dijelaskan oleh Narasumber bahwa tujuan dilakukannya perawatan palliatif adalah untuk memulihkan dan mencegah penderitaan, penderita yang tak dapat disembuhkan guna meningkatkan kualitas hidup. Masih banyak lagi penjelasan dari ketiga narasumber selama penyampaian materi pada seminar ini.

Di sela – sela perubahan sesi, ada kejutan dari panitia yang menampilkan jingle cerdik GERMAS Dinas Kesehatan.Acara berlanjut dengan pembagian doorprize dari 3 termin pertanyaan dan kejutan undian dibalik kursi yang terdapat bintang akan mendapat hadiah dari panitia. Peserta sangat aktif bertanya selama sesi talkshow dan banyak masukan baik tentang berlangsungnya acara.

 

 

 

 

Mungkin Anda juga menyukai