Seminar Consultation Liaison Psychiatry Nursing Prodi Keperawatan Magelang

Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi Keperawatan Magelang setiap tahunnya selalu menghadirkan ahli di bidang kesehatan melalui Acara Seminar Nasional. Pada tanggal 4 November 2017, Himpunan Mahasiswa Prodi Keperawatan Magelang kembali mengadakan kegiatan rutin tersebut (Seminar Nasional) dengan tema “Improving Mental Health in Medical and Surgical Patients with Consultation Liaison Psychiatry Nursing”. Seminar dilaksanakan di gedung Kyai Sepanjang yang berlokasi di Jl. Kartini No.4, Magelang, Jawa Tengah. Acara ini dihadiri oleh 500 orang peserta yang terdiri atas Mahasiswa Internal Kampus V, Mahasiswa Jurusan Kesehatan yang ad di kota Magelang, Para Tenaga Medis Kota Magelang dan sekitarnya serta masyarakat umum.

Sebagai pembicara adalah Bapak Ns.Heri Setiawan, M.Kep.,Sp.Kep.Jiwa (perawat RSJ. Dr. Soerodjo Magelang), Dr.Heny Susaeni Pangastuti, S.Kep.,M.Kes (Ketua Departemen Keperawatan Medikal Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada), Bapak Suyanta, S.Pd.,S.Kep.,MA (Dosen Mata Kuliah Keperawatan Jiwa Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi Keperawatan Magelang). Beliau menjelaskan sesuai dengan bidangnya masing-masing, seperti Bapak Heri yang menjelaskan bagaimana penanganan terhadap pasien dengan penyakit Comorbid dengan CLP (Consultation Liaison Psychiatry Nursing), kemudian Dr. Heny menjelaskan perihal penanganan pasien Bedah dengan gangguan emosional, dan Bapak Suyanta yang juga menjelaskan perihal Keperawatan Jiwa lebih khususnya mengenai aspek psikologis serta dinamika aspek psikologis dari setiap individu.

Tak hanya itu, dalam acara ini juga terdapat beberapa hiburan dan doorprize bagi yang berhasil menjawab pertanyaan ataupun bagi siapa saja yang bertanya perihal materi yang telah disampaikan. “Kami (HIMA-DEMA kampus V) mengambil tema ini karena CLP merupakan cabang ilmu psikiatri merujuk pada pengetahuan dan ketrampilan terstruktur dalam menilai dan mengobati kondisi emosional dan perilaku bagi pasien-pasien yang dirujuk dari bagian medis dan bedah, perkembangan teknologi kan juga semakin canggih ya, dari aspek psikoneurologis sm psikoneuroendokrinologi memperjelas adanya hubungan stress dengan kondisi tubuh manusia, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberi kontribusi pada perawat dalam meningkatkan pengetahuan mengenai pasien dengan gangguan emosional, menambah pengetahuan juga bagi masyarakat mengenai hubungan antara stres dengan kondisi fisik tubuh manusia itu sendiri” tutur Niken. Niken sendiri merupakan Ketua Panitia Penyelenggara acara Seminar Nasional kali ini yang tergabung dalam HIMA (Himpunan Mahasiswa) Kampus V Prodi Keperawatan Magelang.

Mungkin Anda juga menyukai