Mahasiswa Ners Juara 1 Scientific Nursing Competition Jateng-DIY pada Dies natalis STIKES St. Elisabeth XI

Scientific Nursing Competition Jateng-DIY

Dies natalis STIKES St. Elisabeth XI

Pada tanggal 26 April 2019 kemarin, 3 mahasiswa semester VI Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Semarang mempresentasikan hasil penelitian yang berjudul “Pasien Degeneratif Aktif dan Produktif dengan Go Health”. Sebelum dipresentasikan pada hari Jumat kemarin, proposal yang telah dibuat harus diseleksi terlebih dahulu oleh juri. Ada 8 proposal yang berhasil lolos dalam proses seleksi ini. Kontingen dari Poltekkes Kemenkes Semarang mendapatkan nilai tertinggi kedua untuk penyusunan proposal dari 20 proposal yang masuk.

Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis STIKES St. Elisabeth Semarang ke XI yang dimulai pada tanggal 1 Maret 2019 dengan mengusung tema “Penatalaksanaan Pasien dengan Penyakit Degeneratif Berdasarkan Evidence Based Practice (EBP) Pada Era Revolusi Industri 4.0”.

Berdasarkan era revolusi industri 4.0, kontingen dari Poltekkes Semarang berinovasi untuk menciptakan sebuah aplikasi yang diharap bisa membantu Dinas Kesehatan Kota Semarang dalam mengendalikan penyakit degeneratif. Karena dilihat dari profil kesehatan Kota Semarang sejak tahun 2015 sampai tahun 2017 golongan usia 45-60 tahun menduduki peringkat tertinggi di penyakit hipertensi dan diabetes melitus. Dengan memanfaatkan fenomena handphone sebagai alat yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari, kami berinovasi menciptakan sebuah aplikasi yang bisa membantu user dalam mengontrol penyakit hipertensi maupun diabetes melitus-nya tanpa memakan waktu yang lama. Sasaran aplikasi ini yakni pengguna smartphone berbasis android khusunya pra-lansia.

Dengan aplikasi Go Health ini, diharap user bisa mengontrol dan mencegah hipertensi atau diabetes melitus dengan mengikuti intervensi-intervensi yang diberikan oleh server. Go Health menggunakan prinsip self management dimana user mengatur aktivitas yang bisa dilakukan oleh user sendiri. Go Health hanya sebagai fasilitator pemberi intervensi berdasarkan level penyakit yang dipilih dan dimunculkan. Keunggulan dari aplikasi ini yakni memiliki tampilan yang menarik khususnya untuk pra-lansia, memiliki fitur notifikasi tips & tricks yang menarik yang muncul setiap hari. Dan juga untuk mendapatkan aplikasi ini tidak memerlukan biaya yang mahal dikarenakan user hanya perlu mendownloadnya di Playstore menggunakan kuota.

Dalam lomba ini, kontingen yang beranggotakan 3 mahasiswi yang bernama Firdha Rahma Nurbadlina, Arinda Putri Hapsari dan Rifa Ainun Najihah mendapatkan juara 1 dalam presentasi tanggal 26 April 2019 kemarin.

juaradielisabeth

Berwefie ria dengan Bapak kaprodi Ners, Bapak kajur, Ibu Sekjur dan Ibu Pembimbing.

juaraElisabeth1

Firdha Rahma Nurbadlina, Arinda Putri Hapsari dan Rifa Ainun Najihah berpose di atas panggung

juaraelisabeth2

Firdha Rahma Nurbadlina, Arinda Putri Hapsari dan Rifa Ainun Najihah mengungkapkan kegembiraannya dan tidak menyangka hasil kerja kerasnya terbalas dengan menjadi Juara I. Good luck Ners Poltekkes Semarang…

 

Mungkin Anda juga menyukai