PKKMB Prodi Keperawatan Magelang

Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB ) Jurusan Keperawatan Tahun Ajaran 2020 dilaksanakan selama 4 hari. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 26 Juli 2020 sampai dengan 29 Juli 2020. Kegiatan PKKMB tahun ini dilakukan secara daring, dikarenakan selama masa pandemic seluruh kegiatan tatap muka ditiadakan. Acara ini dihadiri oleh pihak direktorat, para dosen, dan mahasiwa baru secara tertib dan kondusif.

Pra PKKMB dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2020, kegiatan ini dipanitiai oleh Badan Eksekutif Mahasiswa yang ada di Kampus Pusat Poltekkes Kemenkes Semarang. Pada tanggal 27 Juli 2020, kegiatan masih dilakukan di pusat, yaitu PKKMB Pusat yang dihadiri oleh seluruh mahasiswa baru dari berbagai program studi yang ada di Poltekkes Kemenkes Semarang. Pada tanggal 28 dan 29 Juli 2020 dilakukan kegiatan PKKMB Jurusan di Prodi Keperawatan Magelang.

WhatsApp Image 2020-08-13 at 13.30.46

Prodi Keperawatan Magelang mengadakan PKKMB Jurusan atau biasa disebut dengan Welcome Party yang dipanitiai oleh Himpunan Mahasiwa serta dibantu oleh Dewan Mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan secara daring menggunakan Video Conference Zoom. Welcome Party diadakan dengan tujuan agar para mahasiswa baru dapat mengenal berbagai komponen dan elemen serta ekosistem yang ada di Kampus V Prodi Keperawatan Magelang ini. Selain itu, tujuan khusus yang mendasari agar terlaksananya acara ini adalah membangun rasa cinta akan almamater sehingga seluruh mahasiswa mampu mengembangkan potensi diri dan mejadi perawat yang terampil sesuai dengan perkembangan zaman.

WhatsApp Image 2020-08-13 at 13.30.45WhatsApp Image 2020-08-13 at 13.30.44

 

 

 

 

 

 

Pada tanggal 28 Juli 2020, kegiatan yang dilakukan di Prodi Keperawatan Megelang yaitu pengenalan program studi oleh beberapa dosen sebagai pembicara dan dihadiri sebanyak 158 mahasiswa baru yang terdiri dari 105 mahasiswa Prodi D III Keperawatan Magelang dan 53 mahasiswa Prodi D IV Keperawatan Magelang. Acara dimulai pada pukul 07.30 sampai dengan 15.30 WIB kemudian resmi dibuka oleh Ibu Hermani Triredjeki, S. Kep., Ns., M. Kes.

Pemateri pertama adalah Bapak Adi Isworo, SKM., MPH. yang mengenalkan para dosen, staff, dan karyawan yang bekerja di Prodi Keperawatan Magelang. Pemateri kedua adalah Bapak Suyanta, S. Pd., S. Kep., MA. yang mengenalkan profil dari Prodi D III dan D IV Keperawatan Magelang. Pemateri ketiga adalah Bapak Angga Sugiarto, SST., M. Kes. Yang memaparkan materi Satuan Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) dan gambaran tentang SiMadu.

Pemateri keempat adalah Ibu Sunarmi, SST. M. Kes., yang menjelaskan materi administrasi akademik (ADAK) kemudian dilanjutkan oleh Bapak Sigit, S. Kom., dan Ibu Sunartatik, S. Kom., yang menjelaskan materi SiMadu dan HELTI. Pemateri kelima adalah Ibu Sumirah, S. AP. yang menjelaskan materi mengenai barang milik negara (BMN) Pemateri keenam adalah Ibu Lulut Handayani, S. Kep., Ns., M. Kes. Yang menjelaskan materi etika mahasiswa ketika berada di lingkungan kampus.

Pemateri ketujuh adalah Bapak Lambang Satibi, S. Kep., Ns yang menjelaskan materi laboratorium. Pemateri kedelapan adalah Ibu Sumiyati yang mengenalkan asrama putri yang ada di Prodi Keperawatan Magelang. Dan pemateri terakhir pada hari pertama PKKMB Jurusan adalah Bapak Joko, Amd. yang mengenalkan perpustakaan terpadu dan perpustakaan online yang ada di Kampus V Poltekkes Kemenkes Semarang.

WhatsApp Image 2020-08-13 at 13.24.45WhatsApp Image 2020-08-13 at 13.24.45 (1)

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tanggal 29 Juli 2020 pukul 07.30 WIB dilakukan penjelasan materi mengenai kurikulum dan proses belajar mengajar yang akan segera dilakukan oleh para mahasiswa baru. Penjelasan materi ini disampaikan oleh Bapak Sunarko, S. Pd., M. Med., Ed. dan Ibu Tulus Puji Hastuti, S. Kep., Ns., M. Kes. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan tentang organisasi mahasiswa yang ada di tingkat direktorat dan tingkat prodi oleh ketua dewan mahasiwa dan gubernur himpunan mahasiswa dan berakhir pada pukul 12.30 WIB.

PKKMB yang dilakukan secara daring tahun ini terdapat banyak berubahan besar dibanding PKKMB sebelumnya. Panitia belajar dan bekerja keras agar acara ini tetap terlaksana dan lancar. Dampak positif yang diterima adalah menambah pengetahuan dan  kemampuan mahasiswa dalam mengoperasikan teknologi sesuai dengan era revolusi industry 4.0.

WhatsApp Image 2020-08-13 at 13.30.41

 

Mungkin Anda juga menyukai