Sejarah Prodi D4 Keperawatan Magelang

akreditasi d4

SEJARAH

Sejarah Pendidikan Keperawatan di Magelang yang dimulai dari SPR B ( Sekolah Perawat rawat B khusus perawatan jiwa kemudian SPKSJ ( Sekolah Perawat Kesehatan spesialis Jiwa) kemudain berubah menjadi AKPER DEPKES MAGELANG. Kemudian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI Nomor 298 / MENKES-KESOS / SK / IV/ 2001 tanggal 16 April 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan Semarang yang diperbaharui dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 890/MENKES/PER/VIII/2007 tanggal 2 Agustus 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Kesehatan, berdirilah Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang. Politeknik Kesehatan Semarang merupakan gabungan /merger dari beberapa pendidikan D-III Kesehatan yang ada lingkup departemen kesehatan diwilayah Jawa tengah. Salah satu pendidikan D-III kesehatan tersebut adalah AKPER Depkes Magelang.

Seiring dengan tuntutan masyarakat terhadap tenaga kesehatan professional yang bermutu sesuai dengan kebutuhan, maka upaya kesehatan yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan tenaga kesehatan. Keberadaan sumber daya manusia kesehatan di tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan memegang teguh etika profesinya.

Salah satu upaya yang dapat dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas institusi pendidikan adalah melalui pendekatan manajemen pendidikan terpadu dengan mengembangkan kelembagaan institusi pendidikan dari akademi kesehatan yang ada. Hal itu sangat berarti untuk memantapkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar baik dari aspek teknis maupun administrasinya, memberikan kepastian status baik bagi dosen maupun mahasiswa serta meningkatkan efisiensi dan efekitfitas penyelenggara pendidikan dalam hal pendayagunaan tenaga pengajar dan sarana prasarana yang ada.

Berdasarkan hal tersebut diatas maka pada tahun 2010 berdirilah Program Studi D-IV keperawatan Jiwa di Magelang dibawah Jurusan Keperawatan Semarang Politeknik Kesehatan Semarang ,  dengan dasar penyelenggaraan  SK Menteri Kesehatan RI no. HK.03.05/I/II/4/1777.1/2009 tertanggal tahun dimulainya Program Studi Pebruari 2010.

Pada awalnya Program studi D-IV Keperawatan menyelenggarakan pendidikan dari Program alih jenjang ( 2 semester) sampai tahun 2013,. Setelah tahun 2013 Pendidikan di Prodi D-IV Keperawatan Magelang menerima mahasiswa dari SMU, dengan lama pendidikan selama 8 semester , setara dengan 146 SKS.

Saat ini status akreditasi Prodi D4 Keperawatan Magelang adalah B. Status akreditasi tersebut berlaku berlaku hingga tahun 2020.