Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila

Pada tanggal 1 Juni merupakan hari yang sangat dikenang oleh bangsa Indonesia. Dan berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting bagi bangsa Indonesia. Dimana pada tanggal tersebut merupakan penetapan “Hari Lahir Pancasila”. Pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila melibatkan seluruh lapisan masyarakat. Baik dari instansi pemerintahan, sekolah, maupun masyarakat umum.

Sabtu (01/06/24), telah dilaksanakan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila yang diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa serta mahasiswi Poltekkes Kemenkes Semarang program studi Keperawatan Magelang dan Kebidanan Magelang, yang bertempatan di kampus lima (V) Kota Magelang. Dan juga, perwakilan mahasiswa dari kampus lima (V) Kota Magelang mengikuti upacara bendera di Alun-Alun Kota Magelang.

Pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang BPUPKI dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia. Dan pada sidang kedua BPUPKI, Ir. Soekarno dalam pidatonya yang bertajuk “Lahirnya Pancasila” berkesempatan menyampaikan gagasannya mengenai konsep awal Pancasila yang menjadi dasar negara Indonesia tepatnya pada tanggal 1 Juni 1945.

Pada pelaksanaan upacara bendera ini, berlangsung dengan cepat dan kondusif dikarenakan selama pelaksanaan upacara berlangsung dengan baik dan mahasiswa mampu mengikuti serangakaian kegiatan yang telah dilaksanakan. Perlu juga diapresiasi bahwa semua mahasiswa yang telah ditunjuk sebagai petugas upacara dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan tidak terhalang dengan kondisi apapun.

Adapun ide serta gagasan Ir. Soekarno terkait dasar negara. Indonesia merdeka, yang dinamai “Pancasila”. Panca artinya lima, sedangkan sila artinya prinsip atau asas. Pada saat itu Bung Karno menyebutkan lima dasar untuk negara Indonesia, yakni Sila pertama “Kebangsaan”, sila kedua “Internasionalisme atau Perikemanusiaan”, sila ketiga “Demokrasi”, sila keempat “Keadilan sosial”, dan sila kelima “Ketuhanan yang Maha Esa”.

Pentingnya kegiatan ini “upacara bendera peringatan hari lahir Pancasila” yaitu, mahasiswa mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air, mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari agar membentuk perilaku yang baik salah satunya di instansi kesehatan, dan terutama meningkatkan kedisiplinan dan ketaatan terhadap hukum atau peraturan, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *