Perayaan HUT RI KE-79 Dengan Acara GEMAR MAKPYAR Di Kampus V Poltekkes Semarang

Upacara Bendera Peringatan Kemerdekaan Indonesia Ke-79

Pada tanggal 17 Agustus 2024, Indonesia merayakan hari jadinya yang ke-79. Untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa ini, Himpunan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang Kampus V turut berpartisipasi dengan mengadakan acara bertajuk Gemar Makpyar. Gemar Makpyar ini mengusung motto: “Merah Putih di Dadaku, Bersama Membangun Semangat Patriotisme, dan Solidaritas Mahasiswa”. Melalui motto tersebut, diharapkan para mahasiswa dapat menumbuhkan semangat patriotisme serta memperkuat solidaritas antarsesama. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan mahasiswa akan perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi kehidupan bangsa Indonesia saat ini. Acara Gemar Makpyar ini dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2024 dan 17 Agustus 2024.

Pada 9 Agustus, acara dimulai dengan kegiatan Jalan Sehat dan pembagian kupon hadiah. Acara dibuka secara resmi oleh Kaprodi Keperawatan Magelang, Bapak Suyanta, S.Kep., Ns., MA, yang ditandai dengan pemotongan pita. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pesan penuh makna: “Saudara-saudara, kita adalah satu. Kita adalah rakyat Indonesia, rakyat Poltekkes Semarang, rakyat Kampus V”.

Acara Jalan Sehat

Puncak perayaan berlangsung pada 17 Agustus 2024, dengan upacara bendera dan berbagai perlombaan antarkelas. Momen istimewa dari Gemar Makpyar adalah saat upacara bendera, di mana seluruh mahasiswa dan dosen mengenakan pakaian adat tradisional dari berbagai daerah sebagai simbol penghormatan kepada Indonesia. Prosesi upacara dilengkapi dengan pelafalan Pancasila dan pembacaan teks Proklamasi, yang membawa suasana khidmat dan penuh kebanggaan.Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan perlombaan di Gedung GSG Kampus V. Sambutan pembukaan disampaikan oleh Kaprodi Keperawatan Magelang, Bapak Suyanta, S.Kep., Ns., MA, diikuti oleh ketua panitia Gemar Makpyar, Khotimatu Qurataayun, dan Nindya Wurensa. Dilanjutkan dengan kegiatan senam, menyanyikan lagu hari merdeka, pemberian hadiah kupon jalan sehat, perlombaan susun kata acak, perlombaan suit kardus, perlombaan estafet bendera, dan perlombaan estafet gelas sedotan. Tidak lupa juga terdapat bazar makanan dan minuman perwakilan dari setiap kelas yang diperuntukkan kepada semua mahasiswa kampus V. Sesi yang terakhir adalah pemberian hadiah kupon jalan sehat dan pengumuman juara di 4 perlombaan.

Sambutan Kaprodi Magelang

Para mahasiswa menyambut kegiatan Gemar Makpyar ini dengan antusias, mengingat kegiatan ini telah menjadi tradisi tahunan di Kampus V. Harapannya semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan sebagai bentuk penghormatan mahasiswa kepada para pahlawan terdahulu. Untuk Indonesia selamat bertambah usia semoga tetap jaya untuk generasi berikutnya.

Senam bersama
Perlombaan estafet gelas sedotan
Salah satu bazar makanan

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *