RAPAT KOORDINASI FORUM JURUSAN KEPERAWATAN POLTEKKES KEMENKES SE-INDONESIA

Pada Selasa, 16-17 Mei 2017 dilaksanakan rapat koordinasi (rakor) jurusan keperawatan Poltekkes Kemenkes se-Indonesia di hotel @hom Semarang. Pertemuan ini bertema “Bersinergi Membangun Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan di Poltekkes Kemenkes Indonesia.” Ketua forum komunikasi jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Indonesia (Putrono, S.Kep., Ns., M.Kes) menyampaikan bahwa dalam rakor ini dihadiri 34 peserta dari berbagai Poltekkes Kemenkes yang ada di Indonesia.

                    Forkom b Forkom a

Rakor ini diawali dengan diskusi pertama bersama Kapusdiknakes. Beliau memaparkan bahwa pendidikkan Keperawatan di Indonesia baik dari Poltekkes Kemenkes layak mendirikan program studi ners dengan menjaga mutu agar lulusannya berkualitas dan berkompeten. Salah satu indikatornya ketika uji kompetensi nanti mahasiswanya dapat lulus Ujian Kompetensi Ners Indonesia. Pendirian prodi ners ini berdasarkan melihat kebutuhan user keperawatan sekarang seperti diamond, di yang paling bawah adalah pendidikan D III Keperawatan, di tengah-tengah adalah pendidikan profesi ners dan paling atas adalah spesialis. Setelah diskusi pertama berlangsung, kegiatan berikutnya yaitu pembukaan oleh Dikerktur Poltekkes Kemenkes Semarang sekaligus ketua APKESI, Bapak Sugiyanto, SPd, M.App.Sc. Dalam sambutannya Ketua APKESI berpesan agar seluruh Poltekkes Kemenkes di Seluruh Indonesia bisa saling mendukung dan bersinergi demi kemajuan pendidikan keperawatan berkelanjutan khususnya pembukaan prodi profesi ners di lingkungan Poltekkes Kemenkes Indonesia.

Forkom d Forkom c

Setelah pembukaan dilanjutkan dengan cara pengukuhan pengurus Forum Jurusan Keperawatan Di Indonesia oleh Ka Pusdiknakes. Selanjutnya pemaparan kurikulum pendidikan profesi ners oleh ketua prodi profesi ners Poltekkes Kemenkes Semarang, Ibu Kurnia Puji Lestari, S.Kep., M.Kes. Selanjutnya sambutan oleh Ketua Forum Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Indonesia. Selanjutnya diskusi-diskusi bersama para Ketua Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes se-Indoensia mengenai strategi-strategi untuk membangun pendidikan Keperawatan Berkelanjutan di Poltekkes Kemenkes Indonesia.

Poltekkes Kemenkes Semarang adalah pioner pertama yang telah membuka prodi profesi ners dan Magister Terapan Keperawatan sehingga menjadi rujukan dari berbagai Poltekkes Kemenkes Indosesia untuk pengembangan keilmuan keperawatan dari alih jenjang khususnya dari lulusan D IV Keperawatan Poltekkes Kemenkes di Indonesia.

Pada malam harinya tanggal 16 Mei 2017 dilanjutkan cara ramah tamah antar Poltekkes Kemenkes Indonesia. Tanggal 17 dilanjutkan kegiatan diskusi rencana tindak lanjut dan penutupan, kemudian kunjungan ke Poltekkes Kemenkes Semarang.

 

Mungkin Anda juga menyukai