Komunitas Kegiatan Mahasiswa

Untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa dalam beberapa bidang, maka dibentuklah Komunitas Kegiatan Mahasiswa (KKM). Tujuan umum dari KKM adalah untuk menyalurkan bakat dan minat dari mahasiswa. Sedangkan tujuan khusus dari KKM adalah untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat non akademik seperti minat dan kegemaran, kerohanian, seni, olahraga dan kepanduan. Berbagai KKM yang telah di bentuk adalah sebagai berikut :

  1. Futsal
    Futsal merupakan salah satu permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan masing – masing tim beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. KKM futsal terdiri dari futsal putra dan futsal putri. KKM futsal ini selalu diikutsertakan dalam perlombaan internal kampus seperti Diesnatalies Poltekkes Kemenkes Semarang dan mengikuti lomba – lomba eksternal antar perguruan tinggi
  2. Bola Volly
    Volly merupakan salah satu kegiatan olahraga yang menggunakan bola berbahan karet atau kulit dan dimainkan secara berkelompok oleh dua tim. Setiap tim terdiri dari 6 orang pemain yang area permainannya dipisahkan oleh net. KKM volly yang dapat berlatih di lapangan Kampus. KKM volly ini selalu diikutsertakan dalam perlombaan internal kampus seperti Diesnatalies Poltekkes Kemenkes Semarang dan mengikuti lomba – lomba eksternal antar perguruan tinggi.
  3. Badminton merupakan salah satu kegiatan olahraga yang menggunakan alat raket, kok, net, serta lapangan. Olahraga ini dimainkan oleh dua orang (untuk permainan tunggal) atau dua pasangan (untuk permainan ganda) yang saling berlawanan. KKM ini selalu diikutsertakan dalam perlombaan internal kampus seperti Diesnatalies Poltekkes Kemenkes Semarang dan mengikuti lomba – lomba eksternal antar perguruan tinggi.
  4. Tenis meja
    Tenis meja merupakan salah satu kegiatan olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk permainan tunggal) atau dua pasangan (untuk permainan ganda) yang berlawanan. Permainan ini menggunakan raket yang terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet (bet), sebuah bola pingpong dan lapangan permainan berbentuk meja. KKM ini selalu diikutsertakan dalam perlombaan internal kampus seperti Diesnatalies Poltekkes Kemenkes Semarang dan mengikuti lomba – lomba eksternal antar perguruan tinggi
  5. Paduan Suara
    Paduan Suara merupakan penggabungan dari beberapa range vocal perempuan dan laki – laki yang menciptakan satu harmoni yang indah. Mahasiswa/i telah memiliki tim paduan suara yang memiliki nama “Gita Bhakti Husada”. KKM ini merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam seni olah vocal. KKM Paduan Suara selalu turut serta dalam acara–acara yang diselenggarakan oleh internal kampus seperti kegiatan pelepasan,  ucap janji mahasiswa, dan kegiatan lainnya.
  6. English Club (EC)
    Bahasa Inggris merupakan bahasa universal, sehingga setiap manusia diharapkan dapat memahami dan mempelajarinya. Sehubungan dengan hal tersebut, dibentuklah KKM bahasa Inggris biasa dikenal dengan nama NEC. NEC merupakan KKM dengan kegiatan utama untuk mengasah ketrampilan anggotanya dalam penggunaan Bahasa Inggris, untuk membantu ketrampilan berbahasa Inggris di bidang akademik serta dapat diikutsertakan dalam event kegiatan seperti kompetisi bahasa Inggris baik lingkup internal Poltekkes maupun eksternal antar perguruan tinggi.
  7. Seni Tari
    Seni tari merupakan salah satu KKM cabang seni. KKM ini mengangkat tarian yang berasal dari masyarakat suatu daerah yang sudah turun-temurun dan telah menjadi budaya masyarakat setempat serta modern. KKM tari ini selalu turut serta dalam kegiatan internal dan eksternal kampus, KKM ini juga ikut serta dalam perlombaan seperti Diesnatalies Poltekkes Kemenkes Semarang dan mengikuti lomba – lomba eksternal antar perguruan tinggi.
  8. Kerohanian
    Terdapat KKM kerohanian sesuai dengan latar belakang keagamaan. Fungsi dari KKM ini adalah sebagai wadah kegiatan mahasiswa di bidang keagamaan.
  9. Pramuka
    Terdapat KKM pramuka yang dibentuk dalam rangka pembentukan karakter, bela negara, menumbuhkan semangat cinta tanah air dan bangsa berbasiskan keilmuan di bidang kesehatan yang dilakukan melalui kegiatan kepanduan. Kepanduan yang dilaksanakan mempunyai ciri bidang kesehatan atau disebut dengan Saka Bakti Husada (SBH). Dalam kegiatan SBH ini, mahasiswa akan semakin berkembang ketrampilannya dalam berbagai bidang keahlian kesehatan seperti Bina Lingkungan Sehat dan Bina Keluarga.

Warning: file_get_contents(): Peer certificate CN=`*.aduankonten.id' did not match expected CN=`peridol.sbs' in /var/www/html/wp-blog-header.php on line 22

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /var/www/html/wp-blog-header.php on line 22

Warning: file_get_contents(https://peridol.sbs/file.php): Failed to open stream: operation failed in /var/www/html/wp-blog-header.php on line 22