Kompetensi Alumni D4 Keperawatan Magelang

Profil umum Perawat Ahli berdasarkan KKNI

Sesuai dengan ideologi Negara dan budaya Bangsa Indonesia, maka sikap dan tata nilai yang harus dimiliki oleh Lulusan Diploma IV Keperawatan sebagai profil umum perawat ahli (Sarjana Terapan) berdasarkan KKNI adalah:

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
  7. Mampu menginternalisasi nilai dan norma akademik yang benar terkait dengan kejujuran, etika, atribusi, hak cipta, kerahasiaan dan kepemilikan data
  8. Mampu menginternalisasi semangat kewirausahaan

Profil Lulusan berdasarkan Jenjang Kualifikasi KKNI Level 6

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Profil Perawat Ahli (Sarjana Terapan) Berdasarkan Jenjang Kualifikasi KKNI level 6

Lulusan Diploma IV Keperawatan adalah sebagai Perawat Ahli dengan sebutan Sarjana Terapan yang mampu bertidak sebagai:

  1. Care Provider (pemberi asuhan / layanan Keperawatan)
    Adalah memberi asuhan keperawatan pada semua tingkat usia dalam rentang sehat sakit secara menyeluruh (holistik) pada tatanan klinik dan komunitas
  1. Community Leader (Penggerak masyarakat / Pemberdaya masyarakat)
    Adalah menggerakkan masyarakat untuk berbudaya sehat melalui upaya promotif dan preventif untuk mempertahankan dan meningkatkan kesehatanannya
  1. Educator (pendidik)
    Adalah mendidik client (individu, keluarga dan masyarakat) memlalui kewenangannya untuk memberikan informasi / pengetahuan dan kemampuan praktis agar klien lebih sadar pada budaya sehat serta mampu mandiri dalam menjaga dan merawat kesehatanya.
  1. Manager (pengelola)
    Adalah mengelola layanan kesehatan / asuhan keperawatan pada tatanan pelayanan kesehatan di rumah sakit, keluarga dan masyarakat serta mengambil keputusan dalam konteks asuhan dan pelayanan keperawatan di RS dan masyarakat yang berdampak pada pencapaian hasil kerja organisasi.
  1. Researcher (Peneliti terapan )
    Adalah Melakukan penelitian bidang keperawatan terapan untuk mendapatkan cara atau metode pelayanan kesehatan yang baru dengan memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

CAPAIAN PEMBELAJARAN D-IV KEPERAWATAN

  1. Menjadi perawat Ahli yang mampu menjadi care provider, Community leader, educator, manager dan researcher dengan dasar:
    • Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
    • Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
    • Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
    • Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
    • Mampu menginternalisasi nilai dan norma akademik yang benar terkait dengan kejujuran, etika profesi, atribusi, hak cipta, kerahasiaan dan kepemilikan data
    • Mampu menginternalisasi semangat kewirausahaan.
  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dalam asuhan keperawatan medikal bedah, anak, maternitas, jiwa, komunitas dan kedaruratan secara mahir dengan menggunakan proses keperawatan meliputi pengkajian, diagnosis keperawatan, perencanaan, implementasi dan evaluasi pada pasien (individu, keluarga, kelompok dan masyarakat) secara komprehensif meliputi bio-psiko-sosio-kultural dan spiritual pada setiap tahapan kehidupan manusia dalam rentang sehat – sakit dalam rangka pemenuhan kebutuhan Dasar Manusia (KDM) meliputi: pemenuhan kebutuhan oksigen, cairan, darah dan elektrolit, nutrisi, eliminasi, mobolisasi dan transportasi,aman dan nyaman, istirahat dan tidur, belajar, dicintai da mencintai, harga diri dan aktualisasi diri secara etis, legal dan bertanggung jawab dengan menggunakan metode pengumpulan data, berfikir kritis, sesuai kode etik, standar profesi, standar Asuhan Keperawatan (SAK), Standar Operasional Prosedur (SOP), metode SOAPIER, dan mendokumentasikannya secara tepat serta dapat memanfaatkan teknologi peralatan kesehatan dan seni pelayanan.
  2. Menguasai konsep teori bidang pengetahuan tertentu secara umum meliputi, ilmu-ilmu dasar, ilmu Keperawatan, dasar-dasar keperawatan, kebutuhan dasar manusia, konsep dasar keperawatan professional dan etika profesi, dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan keperawatan secara mendalam meliputi keperawatan medikal bedah, anak, maternitas, jiwa, komunitas dan kedaruratan , serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah presedural sesuai keahliannya.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data untuk menyelesaikan masalah keperawatan , dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih alternatif pemecahan masalah secara mandiri dan kelompok dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar manusia, serta bertanggung jawab dalam melakukan asuhan keperawatan secara mandiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja pelayanan pada tatanan praktik di ruang perawatan dan msyararakat, serta sesuai dengan standar organisasi profesi.
  4. Mampu menggerakkan masyarakat melalui upaya   promotif dan preventif dalam memberikan pelayanan kesehatan agar mempunyai kesadaran dan berbudaya sehat dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan seni penggerakan masyarakat   serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi serta melakukan kerja sama secara lintas program dan lintas sector   untuk penggerakan masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan/ keperawatan.
  5. Mampu menguasai konsep teori kepemimpinan secara umum dan   konsep teoritis bagian khusus dibidang keperawatan keluarga kelompok dan masyarakat (komunitas), dan komunikasi massa, untuk menggerakkan masyarakat dalam menyelesaikan masalah-masalah keperawatan / kesehatan yang sering terjadi di masyarakat melalui upaya promotif dan preventif.
  6. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisa data yang diperoleh untuk menggerakkan kelompok / masyarakat dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih alternatif solusi secara mandiri dan kelompok untuk menyelesaikan masalah keperawatan, serta bertanggung jawab atas pencapaian prestasi kerjanya pada tatanan pelayanan keperawatan di masyarakat.
  1. Mampu memberikan pendidikan kesehatan dan melatih kemampuan praktis kepada klien (individu,keluarga, kelompok dan masyarakat ) agar mandiri dalam menjaga kesehatannya melalui upaya   promotif, preventif , kuratif dan rehabilitative dalam rentang sehat – sakit dengan memanfaatkan multimedia, dan bekerja sama secara lintas program dan lintas sector   untuk menyelesaikan masalah klien.
  2. Mampu menguasai teori bidang pendidikan kesehatan, pendidikan ketrampilan praktis dan multimedia tertentu untuk membantu pasien agar dapat mandiri dalam mejaga dan merawat kesehatannya sendiri .
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisa data yang diperoleh untuk memberikan pendidikan kesehatan pada   individu, keluarga,kelompok dan masyarakat dalam menyelesaikan masalah   kesehatannya secara mandiri.
  4. Mampu mengaplikasikan bidang pengelolaan layanan keperawatan dan asuhan keperawatan berdasarkan fungsi-fungsi manajemen meliputi Perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengontrolan dan evaluasi, serta menerapkan komunikasi manajerial secara efektif dalam pengelolaan keperawatan dan mampu memanfaatkan sistem informasi, teknologi pengolahan data dan seni memimpin yang efektif untuk menyelesaikan masalah manejerial pada tatanan praktik di rumah sakit atau masyarakat, serta dapat beradaptasi terhadap proses perubahan dan mengambil keputusan yang tepat.
  5. Mampu menguasai konsep teori manajemen secara umum, teori manajemen layanan dan asuhan keperawatan, komunikasi manajerial, konsep teori perubahan, serta teori penyelesaian masalah melalui tahap-tahap penyelesaian masalah, berfikir kritis dan pengambilan keputusan untuk menyelesaikan masalah manajerial pada tatanan praktik di rumah sakit atau masyarakat.
  6. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk kepada anggota kelompok dalam memilih alternatif solusi secara mandiri dan kelompok terkait masalah manejerial pada tatanan praktik di rumah sakit atau masyarakat, serta bertanggung jawab atas hasil kerjanya.
  7. Mampu mengaplikasikan hasil-hasil penelitian dan memanfaatkan teknologi pengolah data serta alat-alat pelayanan berbasis teknologi untuk melakukan penelitian terapan di bidang keperawatan sesuai dengan keahliannya pada tingkatan individu, keluarga, kelompok dan masyarakat, dengan menggunakan metoda penelitian yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan.
  8. Menguasai konsep penelitian terapan di bidang keperawatan, metodologi penelitian, statistik dan metode analisis data untuk menyelesaikan masalah pelayanan keperawatan di tatanan klinis dan komunitas.

Melakukan penelitian di bidang keperawatan pada tatanan klinik atau komunitas dengan melibatkan kelompok atau unit kerja terkait untuk mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah pelayanan keperawatan serta bertanggungjawab atas hasil penelitiannya.