Pengabdian Kepada Masyarakat di Kelurahan Kramat Utara, Kota Magelang

Pada hari Rabu, 15 Juli 2020 dilaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (Pengabmas) sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh tim dosen Prodi Keperawatan Magelang. Anggota tim terdiri dari Suyanta, S.Pd, S.Kep, M.A., Sunarko, S.Pd, M.Med.Ed., dan Angga Sugiarto, M.Kes. Kegiatan dilaksanakan di Gedung Kelurahan Kramat Utara dengan tema Peningkatan Daya Tahan dan Kapasitas Kesehatan Mental kader Desa Siaga Sehat Jiwa (DSSJ) dalam Masa Pandemi. Acara dihadiri oleh perwakilan Kelurahan Kramat Utara, perwakilan Program Studi Keperawatan Magelang, perwakilan RSJ Prof. dr. Soerojo Magelang, dan kader DSSJ kelurahan Kramat Utara.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Eni selaku Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat Kelurahan Kramat Utara yang menyambut baik kegiatan tersebut sekaligus membuka acara secara resmi. Selanjutnya Hermani Triredjeki, S.Kep, Ns, M.Kes Ketua Perwakilan Jurusan Keperawatan Magelang menyampaikan maksud dan tujuan pengabmas serta mengutarakan tentang inisiasi kerjasama berkelanjutan yang akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU). Sambutan terakhir disampaikan oleh Ana Sri Rahayu, AMK selaku perwakilan Puskesmas Magelang Utara yang memberikan dukungan terhadap kegiatan yang tengah dilaksanakan.

WhatsApp Image 2020-07-20 at 13.35.20WhatsApp Image 2020-07-20 at 13.35.33 (1)

 

 

 

 

 

 

 

Acara dilanjutkan dengan edukasi tentang Corona Virus Disease 19 (Covid 19) yang disampaikan oleh dr. Ridho dari Puskesmas Magelang Utara. Paparan tentang masalah kejiwaan oleh Nurul Hidayati, S.Kep.Ns dari Keswamas RSJ Prof. dr. Soerojo Magelang. Penjelasan tentang masalah psikososial di masa pandemi oleh Suyanta, S.Pd, S.Kep, MA dari Prodi Keperawatan Magelang.

Pertemuan tersebut merupakan rangkaian kegiatan pengabmas yang sebelumnya sudah di diawali dengan edukasi tentang Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS) secara online kepada kader DSSJ. Selama edukasi DKJPS kader mendapatkan informasi tentang Covid 19 serta masalah jiwa dan psikososial selama pandemi. Kader juga mendapatkan materi tentang tatacara screening, tindakan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. DKJPS pada Orang Sehat (OS), Orang Tanpa Gejala (OTG), Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Klien Covid 19, Orang Rentan, serta Penanganan Medis pada Ansietas dan Depresi. Dengan penguatan materi pada kesempatan tersebut kader dapat lebih terinternalisasi.

WhatsApp Image 2020-07-21 at 10.08.17 - Copy

WhatsApp Image 2020-07-20 at 13.35.19 - Copy

 

 

 

 

 

 

Pengabmas tersebut diharapkan dapat meningkatkan bina lingkungan Kampus V Magelang Poltekkes Kemenkes Semarang khususnya Prodi Keperawatan Magelang. Serta menguatkan kerjasama lintas sektoral dan lintas program. Selain itu warga masyarakat dapat memahami tentang kesehatan jiwa dan psikososial di masa pandemi Covid 19. Hal ini sejalan dengan visi dan misi kampus yang bernuansa kesehatan jiwa dan komunitas.

WhatsApp Image 2020-07-20 at 13.35.18 - CopyWhatsApp Image 2020-07-21 at 10.09.34

Mungkin Anda juga menyukai