Seminar Nasional kerja sama Prodi Keperawatan Semarang & Magister Sains Terapan

Semnas 2

Semnas 1Sebagai wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi Prodi Keperawatan Semarang, Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang senantiasa terus mengembangkan berbagai kegiatan ilmiah. Seminar Nasional Publikasi karya ilmiah merupakan sarana publikasi keilmuaan yang ilmiah dan memberikan nilai tambah keilmuan, memberikan wawasan yang lebih luas dan merupakan penyebarluasan Evidence Based Practice pada jenjang Pendidikan di Perguruan tinggi. Adapun tema yang diangkat “Meningkatkan kualitas tenaga kesehatan dan pendidikan vokasi melalui penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah”. Melalui tema tersebut diharapkan akan terus terjadi update pengetahuan, arah dan kebijakan kebutuhan tenaga kesehatan dan ilmu yang diperlukan seorang tenaga kesehatan untuk menambah referensi dalam meningkatkan profesionalisme. Selain itu melalui seminar nasional dan publikasi ilmiah diharapkan dapat meningkatkan peran institusi pendidikan dalam desiminasi informasi hasil-hasil penelitian bidang keperawatan dan kesehatan melalui publikasi ilmiah serta meningkatkan pelayanan kesehatan melalui penggunaan Evidence Based Practice pada pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Seminar nasional menghadirkan Keynote Speaker Drg. Usman Sumantri, M.Sc. (Kepala.Badan PPSDM Kemenkes RI) dengan tema Perkembangan Jenjang pendidikan vokasional di Indonesia: Arah dan Kebijakan kebutuhan tenaga Sarjana Terapan dan Magister Terapan di Tatanan Pelayanan Kesehatan. Seminar nasional juga menghadirkan pembicara yang berkualitas antara lain 1) Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. (Direktur Pembelajaran Kemenristekdikti) dengan tema Standar kompetensi lulusan jenjang pendidikan tinggi vokasi dalam menghadapi pasar bebas ASEAN, 2) Harif Fadilah, SKp. SH (Ketua DPP PPNI ) dengan tema Isu terkini keanggotaan perawat vokasi (sarjana terapan dan magister terapan) di dalam organisasi profesi dan 3) Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs. (Hons) dengan tema Kebutuhan Penelitian Dosen dan Pembimbing Praktek Klinik Berorientasi pada Jenjang Karir.
Kegiatan ini diikuti oleh 400 peserta yang dari berbagai profesi tenaga kesehatan antara lain profesi tenaga perawat, radioterapi, perawat gigi, bidan dan gizi. Acara dibuka langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Semarang Bapak Sugiyanto, S.Pd., M.AppSc. dilanjutkan seminar dan publikasi ilmiah dengan oral presentation dan publiksi poster. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Prodi DIII dan DIV Keperawatan Semarang, Program Magister Terapan Kesehatan dan Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang.

Mungkin Anda juga menyukai