Sarasehan Prodi D III dan D IV Keperawatan Semarang

Dewan Mahasiswa (Dema) adalah organisasi yang memiliki fungsi sebagai penampung dan penyalur aspirasi mahasiswa di lingkungan Jurusan/Program Studi. Keberadaan Dema juga memiliki tugas pokok untuk  merencanakan dan menetapkan garis besar program kegiatan kemahasiswaan di tingkat fakultas sesuai garis besar program yang ditetapkan Himpunan Mahasiswa. Selain itu, Hima juga memiliki tugas penting lain yaitu memberikan pendapat, usul dan saran kepada pimpinan Jurusan/Program Studi terutama yang berkaitan dengan fungsi dan pencapaian tujuan pendidikan. Proses penyampain kritik, saran dan usulan di suatu institusi dapat melalui mimbar akademik, akan tetapi di Poltekkes Kemenkes Semarang dan seluruh jurusan/program studi, proses tersebut diwadahi dalam bentuk Sarasehan.

Sarasehan1

Dewan Mahasiswa Jurusan Keperawatan Semarang periode 2016 – 2017 merencanakan kegiatan sarasehan dua kali dalam setiap semester. Adapun kegiatan pertama di laksanakan pada hari Jum’at ( 8 April 2016) bertempat di auditorium Kampus I Poltekkes Semarang. Kegiatan sarasehan dihadiri oleh seluruh  mahasiswa dari semua tingkat baik Diploma III maupun Diploma IV. Mayoritas dosen juga menghadiri kegiatan tersebut. Di samping itu, sarasehan juga dihadiri oleh Ketua Badan Koordinasi Orang Tua Mahasiswa (Bakorma) Poltekkes Semarang (Ibu. Dra. Tutik Kusuma).

Proses penyampaian aspirasi di awali dengan pembagian angket kepada semua mahasiswa bebrea hari sebelum pelaksanaan sarasehan. Semua mahasiswa diminta menyampaikan masukan atas proses penyelenggaraan Belajar Mengajar, Sarana dan Prasarana dan hal –hal lain yang relevan dengan penyelanggaraan proses pembelajaran. Hasil angket kemudian dirangkum oleh pengurus Hima, sehingga pada waktu sarasehan proses penyampaian aspirasi menjadi lebih efektif.

Adapun hal-hal yang disampaikan dalam sarasehan tersebut meliputi: pelaksanaan proses perkuliahan dan tutorial, pengaturan jadwal, penyampaian kontrak belajar, penggunaan laboratorium dan sarana pendukung pembelajaran (LCD dan Laptop), akses internet serta prasarana (penambahan fasilitas toilet, kantin dan ruang kegiatan kemahasiswaan). Serta rencana perubahan pola tarif pembiayaan komponen perkualiahan.

Tanggapan disampaikan oleh Ketua Jurusan beserta Ketua Program Studi dan pihak-pihak terkait. Ketua Jurusan menyampikan permohonan ma’af apabila proses pembelajaran berjalan tidak smooth sesuai dengan rencana pembelajaran dikarenakan tingginya aktivitas dosen pada bulan Januari dan bulan Februari dikarenakan beberapa dosen ikut berpartisipisai dalam penyiapan proses akreditasi di Prodi Keperawatan Blora dan Keperawatan Magelang. Adapun masalah prasarana LCD menurut Sekretaris Jurusan sudah terpenuhi untuk semua kelas, akan tetapi tidak dapat di pasang secara permanen di cieling (langit-langit) dikarenakan beberapa kekurangan yang mungkin terjadi.

Ketua Bakorma juga ikut memberikan tanggapan terkait rencana pemberlakuan pola tarif baru sesuai dengan Peraturan Menteri Keaungan yang terbaru.

 

Mungkin Anda juga menyukai