Kartini’s Day Jurusan Keperawatan

Wujud langkah pelestarian budaya dan menghargai jasa para pahlawan, Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang dengan rutin memperingati hari Kartini setiap tanggal 21 April. R.A.Kartini adalah sosok perempuan yang menjadi pelopor emansipasi wanita di Indonesia. Beliau berjuang untuk meningkatkan derajat perempuan Indonesia. Hingga kini, perjuangan beliau di masa lalu, selalu dikenang rakyat Indonesia, sehingga tanggal kelahirannya pada 21 April selalu diperingati sebagai Hari Kartini. Kesadaran mahasisiwa/i Poltekkes Kemenkes Semarang terhadap perjuangan R.A.Kartini membawa dampak yang sangat besar kepada rakyat Indonesia terutama kaum wanita. Kartini 2

Mengacu pada peran wanita yang luar biasa itulah kami mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang melaksanakan suatu kegiatan peringatan hari kartini dengan tema “Generasi Kartini Sebagai Garda Unggul Bangsa.”  Tema ini juga kami maksudkan untuk mengingatkan kembali peran wanita yang utama yaitu wanita yang memiliki tanggung jawab untuk masa depan putra putrinya kelak dan masa depan generasi bangsa Indonesia.

Kartini 3 Selain itu, dengan tema ini diharapkan para tenaga medis khususnya perawat dapat meningkatkan perannya sebagai change agent secara efektif. Sehingga, budaya yang merugikan dapat secara berangsur angsur tergantikan dengan budaya yang menguntungkan dalam hal kesehatan.

Kartini 4

Pada hari Kamis, 19 April 2019 acara Kartini’s Day pun sukses terlaksana dengan berbagai kegiatan menarik  untuk memperingati hari Kartini 2018 antara lain lomba kartini kartono, lomba LCC rangking 1, lomba baca puisi, lomba campursari, lomba make up dan estafet ganti baju dan lomba stand makanan. Peserta yang ikut berpartisipasi dalam lomba ini adalah dosen, mahasiswa mahasiswi, dan tenaga kependidikan jurusan keperawatan Poltekkes Kemenkes Semarang. Dengan konsep festival, acara ini terselenggara dengan meriah di Lapangan Voli Jurusaan Keperawatan Semarang. Kemeriahan acara terlengkapi dengan busana yang peserta kenakan, busana kebaya dan pakaian adat nusantara pun mewarnai suasana Kartini’s Day.

Kartini 5

 

Mungkin Anda juga menyukai