Kenali Pribadi dalam Organisasi

Organisasi menampung aspirasi maupun aktivitas seluruh mahasiswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Untuk itu eksistensinya sangat dibutuhkan oleh mahasiswa sendiri. Layaknya sebuah organisasi pada umumnya, sebuah organisasi membutuhkan regenerasi atau reorganisasi ditiap penghujung kepengurusan. Sehubungan dengan sudah terpilihnya pengurus DEMA-HIMA untuk kepengurusan 2018-2019, maka Dewan Mahasiswa kepengurusan 2017-2018 Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Program Studi Keperawatan Magelang mengadakan kegiatan Serah Terima Jabatan 2018. Acara ini dimaksudkan untuk menyerahkan tonggak kepengurusan DEMA- HIMA kepada pengurus- pengurus yang baru.

Serah terima jabatan yang dilaksanakan di Auditorium Kampus V Poltekkes Kemenkes Semarang pada Sabtu, 14 Desember 2018 kali ini mengangkat tema “Membangun karakter, komitmen, dan kekeluargaan dalam organisasi”. Acara ini diikuti oleh lebih dari 90 Mahasiswa sebagai Anggota dan Pengurus DEMA-HIMA. Tak hanya Mahasiswa, acara ini juga dihadiri oleh ibu Hermani Triredjeki, S.Kep., Ns. M.Kes. selaku Ketua Perwakilan Jurusan Prodi D III Keperawatan Magelang, bapak Adi Isworo, S.KM., M.PH. selaku sekertaris Prodi Keperawatan Magelang serta bapak Angga Sugiarto, S.ST, M.Kes selaku koordinator kemahasiswaan Prodi Keperawatan Magelang.

Acara dibuka oleh pembawa acara pada pukul 14:00 WIB, dilanjutkan dengan pembacaan doa serta menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Poltekkes. Pada puncak acara dilakukan sumpah untuk pengurus baru sebagai tanda komitmen pada jabatan masing-masing yang di pimpin oleh Ketua Perwakilan Jurusan Prodi D III Keperawatan magelang yaitu ibu Hermani Triredjeki, S.Kep., Ns. M.Kes yang diikuti oleh 60 mahasiswa sebagai pengurus DEMA-HIMA yang baru. Selain itu terdapat penandatanganan berita acara oleh Kadem dan Gubhim yang baru dan pemotongan tumpeng sebagai simbolis.

Selain serah terima jabatan sebagai acara utama, terdapat Penyampaian Motivasi yang diisi oleh, bapak Angga Sugiarto, S.ST, M.Kes selaku koordinator kemahasiswaan Keperawatan Magelang. Dalam penyampaian motivasinya, Beliau memaparkan bahwa dalam membentuk suatu organisasi diperlukan pemahaman karakter (watak/sikap) dari orang lain sehingga dalam penyampaian motivasinya di adakan tes kepribadiaan dengan memilih salah satu dari beberapa pernyataan mengenai diri sendiri. Setelah tes dilakukan Beliau (bapak Angga) memaparkan bahwa terdapat 4 kepribadian dalam tes ini yaitu sanguinis (populer), koleris (kuat), melankolis (sempurna) dan pleghmatis (cinta damai). Selain itu Beliau (bapak Angga) juga menyampaikan kelebihan serta kekurangan dari kepribadian tersebut.

Dengan adanya acara ini, diharapkan kita semua dapat meningkatkan komitmen, rasa kekeluargaan dan lebih mengerti tentang pentingnya karakter, sehingga kedepannya kita dapat membangun DEMA-HIMA Kampus V Prodi Keperawatan Magelang menjadi sebuah organisasi yang lebih baik dan semakin maju dalam berbagai aspek.

 

Sri Rahayu
P1337420516073

admin

Lahir di Cilacap, besar di beberapa kota di Indonesia. Bekerja terbawa angin ke barat dan timur Indonesia dan terdampar di Kota Lunpia Semarang.

Mungkin Anda juga menyukai