HIMA & DEMA adakan Pengabdian Masyarakat di SMP 33 Negri Semarang

Himpunan Mahasiswa (HIMA) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) Keperawatan Semarang pada Sabtu (13 April 2016) melaksanakan Pengabdian Masyarakat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri 33 Kota Semarang berupa penyuluhan kesehatan khususnya pada bidang Kesehatan Reproduksi Remaja. Adapun tema Pengabdian Masyarakat adalah “IS IT GOOD DOING SEX BEFORE MARRIED”.

Pengabmas Hima

Penentuan tema tersebut didasarkan atas hasil survey kependudukan yang menempatkan Indonesia sebagai peringkat ke-2 pada kategori pernikahan usia muda tertinggi ASEAN setelah Kamboja. Ini menjadi sorotan pemerintah Republik Indonesia dalam peningkatan kesehatan remaja Indonesia. Selain itu, populasi penduduk Indonesia dari tahun ke tahun juga semakin meningkat, salah satunya yaitu jumlah penduduk di Jawa Tengah dimana sampai tahun 2013, penduduk sudah berjumlah 33,75 juta. Dikarenakan setiap tahun perkembangan penduduk semakin meningkat, maka angka sex bebas terjadi peningkatan pula tepatnya di kota-kota besar. Hal ini berhubungan dengan peran kelembagaan suatu daerah yang kurang intensif dalam pengawasan anggota masyarakatnya, dan kurang pengetahuan atau informasi tentang dampak pernikahan dini dan free sex. Karena over population atau kepadatan penduduk di suatu daerah maka akan memicu terjadinya seks pranikah di kalangan remaja usia 15-18 tahun.

Pengambmas Dima

Pasalnya, pada saat ini remaja yang usia 15-18 tahun sudah sering melakukan hubungan seks yang akhirnya berujung pada kehamilan di luar nikah, maka angka kematian ibu dan bayi serta kasus aborsi pada kalangan remaja menjadi meningkat pula dan ini menjadi salah satu penyebab terjadinya pernikahan dini yang sering terjadi pada saat ini. Seiring berjalannya waktu kasus HIV/AIDS menjadi meningkat pula karna free sex dan pernikahan dini tersebut, dan kejadian seks pranikah di kalagan masyarakat kota menjadi tidak tabu atau sudah di anggap biasa saja.

Mungkin Anda juga menyukai