LDK HIMA/DEMA Keprawatan Semarang

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) merupakan salah satu program kerja Dewan Mahasiswa (DEMA Komisi B) yang diselenggarakan setiap tahunya karena Mahasiswa merupakan aset bangsa yang perlu dibina dan dikembangkan. Sebagai generasi muda, kelangsungan suatu bangsa untuk masa yang akan datang sangat tergantung kepada mahasiswa yang ada saat ini. Oleh karena itu, mahasiswa perlu dibekali dengan berbagai keahlian seperti keahlian dalam bidang Organisasi, Manajemen dan Kepemipinan (Leadership).

oke3oke 4

Untuk itu, Dewan Mahasiswa (DEMA) Prodi Keperawatan Semarang Poltekkes Semarang 2016 mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan untuk anggota Dewan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Prodi Keperawatan Semarang Poltekkes Semarang tahun periode 2017, guna mempersiapkan intelektualitas muda yang matang akan jiwa kepemimpinannya dalam mengelolah organisasi serta mampu mencipitakan perbedaan karakter kepemimpinan yang tidak menoton demi progresifitas dan perbaikan tatanan sosial untuk mewujudkan nilai-nilai integritas dalam kehidupan kampus yang demokratis.

oke 7  oke

Kegiatan LDK dilaksanakan dari tanggal 23 – 25 Desember 2016, bertempat di kampus 1 Jurusan Keperawatan semarang, dengan jumlah ada 77 peserta, terdiri dari Anggota Dewan Mahasiswa Prodi DIII dan DIV sejumlah 32 peserta, dari Himpunan Mahasiswa Prodi DIII dan DIV sejumlah 45 peserta. Pembukaan kegiatan LDK dilaksanakan tanggal 23 Desember dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Keperawatan Bp. Putrono Skep, Ns., M.Kes Tema kegiatan LDK ini adalah “Each Of You are to be Accountable Leader” arti ini sesuai dengan Quran surat Al-baqarah ayat 30 yang menyatakan bahwa manusia diciptakan telah mempunyai kemampuan menjadi pemimpin atau khalifah, tergantung dari individu masing-masing apakah akan mengasah kemampuan tersebut atau tidak. Maka anggota DEMA-HIMA tahun periode 2016 mengadakan kegiatan LDK ini untuk mengasah calon pengurus DEMAHIMA periode 2017 agar menjadi pemimpin yang memiliki sifat Akuntabilitas / bertanggung jawab. Karena akuntabilitas merupakan kebutuhan utama bagi seorang pemimpin sebab akuntabilitas membuat suatu organisasi menjadi solid dan bersatu serta dapat membagi beban organisasi karena beban dibagi kepada setiap anggota sesuai dengan tugas masing-masing dan lebih efisien dan efektif sehingga tujuan atau visi misi dari organisasi DEMA-HIMA dapat tercapai dengan maksimal.

?  ?

Pada pembukaan LDK diisi materi oleh Kajur Keperawatan yaitu Bp. Putrono, Skep.,Ns.,M.Kep tentang kepemimpinan, dan Bp. Sudiarto, MN selaku bagian Kemahasiswaan yang memberikan materi tentang alur birokrasi Organisasi Keperawatan Semarang, kemudian LDK dilanjutkan pada tanggal 24 – 25 Desember 2016, dimulai dengan acara Apel pagi kemudian materi tentang alur birokrasi DEMAHIMA oleh Ketua DEMA yaitu saudari Dewi Masruroh dan Gubernur HIMA saudara Khayun Wismantara, pemaparan setiap Komisi dan Divisi untuk memaparkan setiap proker, lalu OUTBOND dan dilanjutkan Motivasi berorganisasi dan belajar bersama alumni dan acara pada malam hari adalah malam keakraban. Pada LDK kali ini kita mendatangkan pelatih dari TNI Koramil 5 Banyumanik yang akan melatih para calon organisator agar memiliki jiwa kepemimpinan dan kedisiplinan yang tinggi, materi yang diberikan yaitu tentang Etika Sikap Mental serta Kedisiplinan, meliputi Latihan PBB.

DEMA-HIMA Keperawatan Semarang Smart Inovation !!

Mungkin Anda juga menyukai